Cara Membuat Paspor dan Visa Buat Yang Belum Punya

Paspor dan Visa adalah salah satu persyaratan wajib bagi kalian yang ingin traveling ke luar negeri. Tanpa kedua dokumen ini, perjalanan ke luar negeri kalian tidak akan bisa terwujud. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang jenis dan juga cara membuat paspor dan visa untuk kalian:

Perbedaan Jenis Paspor dan Visa

Cara Membuat Paspor dan Visa Buat Yang Belum Punya

Meski berbeda, ternyata masih ada beberapa orang yang belum mengerti perbedaan antara paspor dan visa. Definisi dari Wikipedia paspor adalah, ” Dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.”

Sedangkan definisi Visa adalah, “tanda bukti ‘boleh berkunjung’ yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk.”

Sekilas Info : Agen SBOBET Terpercaya Indonesia

Paspor sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu paspor reguler dan e-paspor atau paspor elektronok. Secara umum informasi yang di dalamnya sama saja. Namun untuk e-paspor memiliki chip kecil di covernya.

Sementara itu, visa juga terdiri dari dua jenis. Yang pertama itu adalah Visa pre Arrival dan yang kedua adalah Visa on Arrival. Untuk Visa pre Arrival, kita diharuskan untuk mengajukan sebelum waktu keberangkatan yaitu di negara asal.

Kalau Visa on Arrival diurus saat tiba di negara tujuan, tepatnya di bagian imigrasi bandara atau pelabuhan internasional setempat.

Prosedur, Biaya dan Cara Membuat Paspor dan Visa

Cara Membuat Paspor dan Visa Buat Yang Belum Punya

Meskipun sudah tau tentang apa itu paspor dan visa, masih banyak orang yang skeptis untuk mengurus paspor dan visa sendiri di badan imigrasi. Ternyata, cara membuat paspor dan visa sendiri tidak sesulit yang dibayangkan.

Kita tinggal datang ke kantor imigrasi terdekat dengan domisili kita. Lalu mengambil formulir pemohonan pembuatan paspor yang telah disediakan di kantor tersebut. Jangan lupa juga membawa dokumen wajib yang menjadi persyaratan pembuatan paspor.

Isi formulir permohonan pembuatan paspor tersebut dengan data yang sesuai dengan informasi di dokumen resmi kita. Berikut adalah dokumen pribadi yang harus kita siapkan sebelum membuat paspor di imigrasi:

  1. Akte kelahiran asli dan fotocopy
  2. Buku nikah asli dan fotocopy (jika sudah menikah)
  3. Ijazah terakhir asli dan fotocopy
  4. Kartu Keluarga (KK) asli dan fotocopy.
  5. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotocopy.
  6. Formulir permohonan paspor ( diambil langsung di kantor imigrasi )
  7. Materai

Setelah mengisi formulir, kalian akan masuk ke tahap pengecekan berkas. Pihak imigrasi akan mengecek kelengkapan berkas kalian. Jika berkas yang dibutuhkan sudah lengkap, maka kalian akan memasuki sesi wawancara, sidik jari dan foto.

Setelah selesai melakukan semua kewajiban, maka kita harus membayar semua biaya administrasi dan jasa pembuatan paspor. Pembayaran bisa dilakukan langung di sejumlah bank seperti Bank BCA dan BNI 46.

Begitulah kira-kira prosedur atau cara membuat paspor dan visa. Kita tinggal menunggu pihak imigrasi menghubungi kita 3 hari ke depan untuk mengambil paspor kita yang sudah jadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *